Recent Posts

Gajah Tidak Bisa Melompat? Kenapa?

2016/05/25
Gajah Tidak Bisa Melompat? Kenapa?. Banyak tayangan fiksi di film kartun menunjukkan gajah-gajah lincah yang bisa melompat kesana-kemari. Tapi tahukah kalian, bahwa pada kondisi sebenarnya gajah dewasa sama sekali tak bisa melompat?

Alasan yang paling mudah diterima adalah karena badan si gajah yang terlalu berat. Bayangkan saja, berapa besar tenaga yang diperlukan untuk melemparkan beban seberat empat ton ke udara?
Kemudian, bagaimana proses pendaratan yang mungkin terjadi? Sangat sulit dibayangkan.
Alasan berikutnya mengapa gajah tak bisa melompat adalah, karena memang mereka tak perlu melompat. Dengan kata lain, tidak ada hal yang mengharuskan gajah melompat!
Kanguru, katak, dan binatang lain melompat untuk menghindari predator dan mencari makan. Sedangkan gajah, mereka tak punya banyak musuh. Lagipula gajah melindungi diri dengan cara selalu berkelompok dan dengan mengandalkan fisik mereka yang sangat kuat.
Oleh karena itu, otot di kaki gajah juga tidak didesain untuk bisa melompat.
Untuk melompat, kaki harus memiliki otot yang didesain khusus dan sendi yang lentur. Sedangkan otot di kaki gajah didesain untuk menahan beban yang sangat berat, bukan untuk melompat.
Persendian di kaki gajah juga tak lentur seperti sendi-sendi di kaki kita. Itulah mengapa walaupun sangat kuat, gajah bergerak dengan relatif lamban. Dia “hanya” bisa berlari dengan kecepatan maksimal 24 Km per jam!
Nah, jadi sudah tahu kan mengapa gajah tak bisa melompat? Kamu pasti berpikir, bagaimana ya rasanya memiliki kekuatan yang sangat hebat seperti gajah, sekaligus bisa bergerak dengan lincah? Pasti bisa jadi superhero seperti di film-film!