Recent Posts

Tips Sukses Cari Kerjaan Buat Fresh Graduate

2016/01/15
By: Onic Metheany
Tips Sukses Cari Kerjaan Buat Fresh Graduate, ZC-Secret. Ketika lulus kuliah, tantangan selanjutnya adalah mencari pekerjaan sesuai dengan passion. Namun, untuk menemukan karier yang tepat kadang-kadang bisa menjadi tugas yang cukup menantang, terutama untuk fresh graduate yang memiliki sedikit atau belum adanya pengalaman. Well girls, Keep calm and follow these tips,bukan berarti baru lulus kuliah kita nggak bisa mendapatkan pekerjaan yang kita mau kan.

Cari Mentor
Menemukan mentor sangat penting ketika kita ingin mengejar karir tertentu. Kita bisa mencari mentor di kampus dan lingkaran social yang sudah berpengalaman bekerja. Mentor bisa siapa pun;bahkan kita bisa meminta tip tentang pekerjaan kepada dosen kita, anggota keluarga yang telah sukses dengan kariernya atau teman dengan minat  sama yang memiliki pengetahuan tentang bidang pekerjaan yang diinginkan. Bertemu dengan mereka, mintalah saran atas pekerjaan yang kita minati, dan muailah membuat CV!

Mengatur Prioritas
Jika sebagian teman kita yang masih ngerasa santai mencari pekerjaan karena masih fresh graduate,cobalah untuk berpikir beda. Kita justru harus lebih giat dari mereka mencari pekerjaan yang tepat. Jadikan hal ini sebuah peluang ketika temanmu lebih malas mencari pekerjaan. Tetap fokus pada tujuan mencari pekerjaan pertamamu dan kurangi bermain ya!

Jauhkan Harapan Anda Tinggi
Kadang-kadang, aplikasi lamaran kerja atau CV ditolak  karena kita terlalu berambisi dengan mimpi besarkita. Fresh graduate, perlu memahami bahwa menemukan jalur karier yang sempurna kadang-kadang dapat memakan waktu. Kita perlu bersabar dan terus mengingatkan diri sendiri bahwa setiap pengalaman pekerjaan yang baik dan buruk  adalah cara untuk memoles keterampilan kita.

Manfaatkan Waktu Dengan Terus Berkarya
Jika kita belum mendapatkan panggilan dari perusahaan yang kita lamar, kita dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan mengambil kursus sebagai penunjang karier kita. Selain mengambil beberapa kursus, kita juga bisa melamar sebagai internship lho. Ini sangat berguna untuk menambah pengalaman yang dapat kita sisipkan di CV.

Buat Resume Yang Sempurna
Dalam melamar pekerjaan, HRD juga akan memperhatikan resume yang kita apply ke perusahaan. Buatlah resume semenarik mungkin agar memungkinkan HRD berminat untuk mengetahui lebih banyak tentang diri kita dan memanggil kita untuk wawancara. Jika kita tidak tahu bagaimana membuat resume yang baik, kita dapat berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman dalam berkarier, selain itu kia juga bisa mencari idenya di internet juga lho.

Be Nice At Work
Jika kita telah bekerja paruh waktu sejak tahun kuliah atau baru saja bergabung dalam program magang setelah menyelesaikan kuliah, kita harus memiliki sebuah gagasan tentang betapa pentingnya sikap positif di tempat kerja. Jadi,bersikap baiklah dengan semua orang yang ada di lingkungan bekerjapart time atau magangmu karena ini bisa memungkinkan kita untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut. Menjadi happy-go-lucky intern nggak hanya bermanfaat untuk mencari pekerjaan tetap tetapi membantu kita memiliki kesan yang baik di perusahaan lainnya. So, show your best smile!

Berani Ambil Resiko
Sebagai fresh graduate, janganlah hanya mencari pekerjaan yang hanya kamu sukai saja. Sebaliknya, kita terus mencari pekerjaan impian, namun tetap berani mengambil resiko dengan pekerjaan di luarpassion kita. Ada kemungkinan bahwa pekerjaan berikutnya mungkin kurang  sesuai dengan apa yang kita inginkan, namun jika kita bertekad untuk mengikuti hasrat, kemudian melihat prospek masa depan dan mengambil resiko yang ada, nggak tutup kemungkinan kita bisa raih mimpi kita di lain hari.

Berburu Pekerjaan di Internet
Dijaman modern ini, perkembangan internet semakin cepat dan dapat diakses dimana saja. Inilah tekhnologi yang harus kita manfaatkan untuk mencari pekerjaan sebagai fresh graduate. Kita bisa berburu pekerjaan di internet, jadi bersiaplah untuk menampilkan data diri di berbagai situs job hunteratau di sosial mediamu. Pastikan untuk membuat profil yang mencerminkan ambisi kita.

sumber: cosmogirl
Posting Komentar