Recent Posts

Pramugari NAM Air dan Sriwijaya Air Boleh Berhijab Cantik

2015/12/22

Ada nuansa baru dalam dunia penerbangan Indonesia. Nuansa baru atau lebih tepatnya sebuah gebrakan ini dilakukan oleh maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan maskapai pendatang baru yaitu NAM Air.

Maskapai penerbangan yang didirikan oleh 2 bersaudara Hendri Lie dan Chandra Lie, Sriwijaya Air memperbolehkan pramugarinya untuk mengenakan hijab. Berita ini pertama kali disebarkan oleh seseorang bernama Salkamal Tan yang merupakan penumpang pesawat Sriwijaya Air Makassar-Sorong dengan nomor penerbangan SJ570 pada Jumat 4 Desember 2015 melalui media sosial Facebook.

“Ada nuansa baru dari awak pesawat Sriwijaya Air SJ570 yang saya tumpangi untuk terbang menuju Kota Sorong dari Makasar tadi Subuh. Yah, karena tampilan seragam baru dari pramugari nya yang lebih elegan, rapih dan sopan” tulis Salkamal.

Saltakmal merasa sangat terkejut sekaligus gembira karena menurut pengalamanya pramugari berhijab hanya dia temui pada saat penerbangan haji, sementara untuk penerbangan komersial belum pernah ada.

“Seingat saya pramugari berhijab hanya saya temukan pada penerbangan haji, sementara penerbangan komersil lainnya? Nyaris tidak pernah saya temukan. Bahkan cenderung para pramugari kerap berseragam ketat dan agak terbuka” tulis Salkamal.

Kebijakan serupa juga diterapkan oleh maskapai NAM Air yang masih satu grup dengan Sriwijaya Air. 


"Awalnya itu kami melihat dari maskapai luar negeri. Yang membuat kami impresed, bahwa tanpa mengurangi pelayanan dan safety, itu bisa." kata Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Agus Soedjono.

"Kami coba untuk senatural mungkin. Kalau ada orang memiliki kepribadian sebagai pramugari, dia lulus juga sebagai pramugari, memenuhi requirement standar dari NAM Air, tapi dia ingin berjilbab ya silahkan." ungkapnya kepada media.

Semoga saja kebijakan seperti ini bisa ditiru oleh maskapai-maskapai penerbangan lain di Indonesia

sumber: memobe
Posting Komentar