Recent Posts

HP Android Kena Hack Atau Virus

2015/12/20
HP Android Kena Hack Atau Virus, ZC-SecretPerangkat seperti PC desktop dan juga laptop sepertinya sudah bukan lagi perangkat penting yang menjadi sasaran para hacker. Mereka kini kebanyakan beralih arah ke perangkat smartphone yang saat ini paling banyak digunakan contohnya Android. Pengguna perangkat smartphone Android memang dipermudah dengan sistem online yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Jadi para pengguna pun akan lebih mudah dalam menggunakan transaksi online. Untuk itu Anda sebaiknya kenali ciri-ciri dari hp Android Anda yang terkena hack tersebut, seperti di bawah ini.
  1. Ada pop-up yang muncul tanpa henti
Iklan dan juga pop-up yang sering muncul pada perangkat Android Anda sebaiknya perlu Anda perhatikan baik-baik. Jika iklan atau pop-up tersebut muncul saat Anda memainkan game atau membuka aplikasi itu masih normal saja. Hanya saja yang yang perlu Anda khawatirkan jika saja pop-up atau iklan itu muncul jika perangkat Android Anda tidak gunakan sama sekali. Atau bisa saja hp Android Anda langsung melakukan panggilan keluar sendiri, atau berkirim pesan sendiri.
  1. Penggunaan kuota terlalu boros secara tiba-tiba
Perangkat Android yang membuatnya menarik adalah mudah menghubungkan Anda dengan internet. Untuk itu Anda harus selalu mengecek penggunaan dan ketersediaan kuota pada perangkat Android Anda menggunakan fitur Data usage. Fitur ini juga sangat bermanfaat dalam membantu Anda mencari tahu aplikasi yang menggunakan kuota terlalu boros. Jika memang perangkat Android Anda terjangkit virus maka tentunya Anda bisa mengeceknya melalui fitur data usage tersebut. Silahkan Anda cari aplikasi apa saja yang banyak atau boros memakan kuota, terutama yang sering memunculkan pop-up tersebut. Jika Anda telah menemukannya langsung saja Anda hapus aplikasi tersebut.
  1. Melacak Keylogger Di Android
Aplikasi yang selalu aktif pada perangkat Android tentunya akan terlihat sangat boros dalam menggunakan baterai. Ini bisa Anda cek pada menu Settings > Battery pada perangkat hp Android Anda. Semua aplikasi akan tercatat di list tersebut. Dan jika benar perangkat Android Anda terpasang KeyLogger bisa saja aplikasi tersebut akan tercatat dalam daftar pemakai baterai yang selalu aktif dan boros. Beberapa aplikasi keylogger lainnya bisa juga menggunakan aplikasi keyboard seperti keyboard custom untuk merekam ketikan para pengunanya. Maka dari itu Anda bisa juga melakukan pengecekan pada fitur settingan keyboard pada perangkat Android Anda. Lakukan pengecekan apakah itu keyboard default atau custom.
  1. Cek daftar aplikasi yang Anda gunakan
Ini tentunya butuh daya ingat Anda lebih jauh. Pasalnya Anda harus mengingat aplikasi apa saja yang memang telah Anda install sebelumnya. Jika memang ingatan Anda masih kuat, tentunya Anda bisa dengan mudah aplikasi apa saja yang Anda install dengan sendiri pada perangkat Android Anda. Coba Anda lakukan pengecekan pada daftar aplikasi pada menu Settings > Apps. Jika ada aplikasi yang menurut Anda bukan aplikasi bawaan perangkat Android atau tidak pernah Anda install sebelumnya maka langsung saj Anda hapus aplikasi tersebut.
Perangkat Android yang terkena hack ini sebenarnya cara memeriksanya juga sama dengan perangkat Android yang terjangkit virus.
refrensi:
Posting Komentar