Recent Posts

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Anda Shopping

2015/11/07
Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Anda Shopping, ZC-SecretBagian paling menyenangkan dari mengatur gaji adalah menyisihkannya untuk biaya senang-senang alias me time. Apalagi jika urusan tabungan, investasi, dan utang sudah diselesaikan. Namun, tetap ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum menghabiskan bujet belanja. Simak, nih, poin-poin penting seputar shopping dari konsultan keuangan Yosephine P.Tyas, S.Kom, MM, CFP®.

1. Sering memanfaatkan diskon bukan berarti Anda bijak mengatur keuangan. Adanya diskon dan promosi online memang membuat Anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Namun, harus hati-hati karena Anda sering kali jadi membeli barang-barang yang semula tidak direncanakan. Jika yang Anda beli memang dibutuhkan, baru bisa disebut bijak.

2. Wanita sering kali berbelanja produk makeup, pakaian, dan sepatu bukan karena kebutuhan, melainkan keinginan sesaat. Biasanya, yang terjadi adalah barang menumpuk dan beberapa produk makeup terbuang karena kedaluwarsa. Sebaiknya, cek dulu barang yang sudah dimiliki agar yang dibeli tetap terpakai.

3. Shopping secara impulsif merupakan salah satu penyebab utama pengeluaran membengkak. Untuk menghindarinya, sebaiknya Andatidak terlalu sering ke pusat perbelanjaan jika tidak ada niat membeli barang yang dibutuhkan dan masuk dalam bujet. 

4. Jangan berbelanja jika mood tidak dalam keadaan stabil karena disadari atau tidak, itu akan memengaruhi pengambilan keputusan. 

5. Wanita sering membandingkan harga di dua atau tiga situs sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang secara online. Namun, kebiasaan ini bisa jadi malah menjebak Anda membeli banyak barang. Anda harus bisa menahan diri karena tidak jarang malah akan menemukan barang menarik lain yang tidak diinginkan sebelumnya. Jangan sampai malah membeli hal yang tidak dibutuhkan. Fokuskan hanya untuk membandingkan harga dan kualitas.

6. Pengeluaran untuk makan memang sulit dikurangi karena banyak aktivitas yang ‘mendukung’ pos ini, seperti meeting, arisan, ataupun reuni. Yang wajib dilakukan adalah menentukan bujet yang bisa digunakan setiap bulannya. 

7. Membeli gadget adalah salah tujuan keuangan yang sering tidak ditulis, tapi hampir selalu direalisasikan. Hal ini tidak menjadi masalah asal disesuaikan dengan kemampuan, prioritas, dan kondisi keuangan.

Fanny Indriawati - citacinta
Foto: Fotosearch
Posting Komentar