Recent Posts

Inilah Proses Pembentukan Mutiara

2015/10/20
Proses Pembentukan Mutiara
Inilah Proses Pembentukan Mutiara
Inilah Proses Pembentukan Mutiara - ZC-SECRET. Selamat pagi, siang, sore, malam para pembaca ZC-Secret. sudah lama tak berjumpa, karena blog ini vakum cukup lama lebih dari setahun.. 

Kali ini ZC-Secret akan membahas tentang, bagaimana sih pembentukan mutiara itu? inilah proses pembentukan mutiara. Kerang kecil yang lucu dan imut ini ternyata bisa menghasilkan kerang, namun membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuat mutiara tersebut.

Inilah Proses Pembentukan Mutiara:
Mutiara terbentuk dengan dua cara-
1. mutiara yang terbentuk secara alami
2. terbentuk secara rekayasa atau istilahnya budidaya mutiara

1. Pembentukan mutiara secara alami diduga karena faktor iritan atau karena masuknya benda padat kedalam mantel kerang sehingga benda padat ini akan terbungkus nacre, nacre adalah zat unik yang dimiliki kerang yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, teori lain juga mengatakan mutiara juga terbentuk karena apabila adanya kerusakan pada bagian mantel dan cangkang kerang maka kerang akan menutup dan memperbaiki lubang tersebut dengan menggunakan zat nacre. proses ini sama dengan proses pembentukan tulang pada manusia. nacre ini lah yang disebut dengan Mother of pearls atau ibu dari mutiara.

Akibat adanya partikel pasir atau zat asing yang masuk ke dalam cangkang tiram untuk menenangkan iritasi ini, kerang mulai mendepositokan lapis demi lapis, bahan shell Lapisan ini terdiri, dari kalsium karbonat. Setelah beberapa waktu pembentukan mutiara di dalam shell selesai. Mutiara yang terbentuk bulat, putih dan bersinar. Ini disebut mutiara murni. Namun, mutiara pada dasarnya tidak hanya berwarna putih saja. Warna mereka mungkin saja hitam, putih, rose, biru pucat, kuning, hijau, dan ungu.


2. Pembentukan mutiara secara rekayasa yaitu dengan cara menyisipkan nukleus bersama dengan sedikit irisan mantel dari kerang lain atau kerang donor lembaran mantel ini disebut dengan saibo, saibo dan inti nukleus kemudian dimasukkan melalui irisan kecil kedalam gonad melalui irisan dinding gonat tersebut.irisan pada dinding mantel ini bertujuan agar terjadinya biomineralisasi, yaitu penutupan dan pembentukan kantung mutiara atau Pear sact, operasi ini sangat rumit, banyak tahapan yang harus dijalani, termasuk melemahkan mutiara selama beberapa minggu untuk memudahkan saat melakukan operasi.

Pemilihan kerang untuk donor saibo harus benar-benar diperhatikan, karena saibo inilah yang nantinya akan menjadi inti dari lapisan mutiara, dan dipercaya kualitas mutiara, kilauan dan warna mutiara sangat ditentukan oleh pemilihan saibo yang tepat.


Refrensi:
google.com
google image
sains me
Posting Komentar