Recent Posts

Fungsi Tidur Bagi Pelajar Untuk Menambah Sel Otak

2013/09/13

Fungsi Tidur Bagi Pelajar Untuk Menambah Sel OtakHasil penelitian mengungkap pentingnya tidur, yakni meningkatkan produksi sel pembuat materi pelapis bernama myelin yang melindungi sirkuit otak.

Universitas Wisconsin melakukan penelitian menggunakan tikus. Dr Chiara Cirelli dan para koleganya dari Universitas Wisconsin menemukan bahwa tingkat produksi sel pembuat myelin, oligodendroctytes, berlipat ganda saat tikus tidur.



Fungsi Tidur Bagi Pelajar Untuk Menambah Sel Otak

Peningkatan ini sangat tinggi saat seseorang memasuki tahapan tidur bermimpi atau REM (rapid eye movement) dan didorong oleh gen.

Kebalikannya, gen yang berperan dalam kematian sel dan respon terhadap stress diaktifkan ketika tikus dipaksa untuk terjaga. Hasil penelitian mereka diterbitkan di Journal of Neuroscience. 

Dari hasil ini diketahui, selain kita membutuhkan tidur untuk beristirahat dan agar pikiran kita berfungsi dengan baik ternyata ada proses biologi yang terjadi. Jadi jangan remehkan waktu tidur, ya.



Tidur memperbaiki sel rusak - Ketika tidur, tubuh akan memperbaiki sel yang rusak dengan lebih efektif. Tidur juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mampu menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Tambahan fungsi tidur bagi pelajar:
1. Tidur meningkatkan energi
Tidur jelas berfungsi untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan daya tubuh Anda, terutama sangat berguna untuk pelajar, karena pelajar itu butuh energi yang fit, untuk aktifitasnya di sekolah. Selain itu, Anda akan merasakan performa terbaik Anda di sekolah.


2. Tidur mencegah stres
Pelajar butuh sesuatu untuk mencegah stress, pelajar sangat labil terkena stress karena tugas yang banyak, pelajaran yang susah, dll. salah satunya untuk mencegah stress ini, pelajar harus membutuhkan tidur. tidur berlebihan juga tidak baik karena justru akan memicu stres.


3. Yang sangat penting bagi pelajar, "Tidur meningkatkan daya ingat"
Tidur sesuai dengan kebutuhan akan membantu peningkatan daya ingat, kreatifitas, dan kesadaran diri Anda. Saat tidur, neuron di korteks serebral otak akan memperbaiki diri dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi Anda.
Posting Komentar